Saturday, March 7, 2015

Cara Mengsambungkan E-mail ke Microsoft Office Outlook 2010


1. Jalankan Outlook.

2. Pada menu File, klik Info, dan kemudian klik Account Settings.

3. Pilih Account Settings dari daftar jatuh-ke-bawah.

4. Pada tab Email, klik New, pilih Email Account, dan kemudian klik Next.

5. Klik untuk memilih kotak centang Manually configure server settings or additional server

types, dan kemudian klikNext.

6. Klik Internet E-Mail, dan lalu klik Next.

7. Pada kotak dialog Add New E-mail Account, klik Microsoft Exchange, POP3, IMAP, or HTTP,

dan kemudian klik Next.

8. Konfigurasi akun email baru. Anda dapat mengkonfigurasi akun email baru secara otomatis atau

manual.

 Untuk mengkonfigurasi akun email baru secara otomatis, pada kotak dialog Add New E-

mail Account di bawahAuto Account Setup, ikuti langkah berikut:

a. Pada kotak Your Name, ketik nama lengkap Anda.

b. Pada kotak E-mail Address, ketik alamat email Anda.

ISP Anda menyediakan informasi ini. Alamat email Anda biasanya mengambil bentuk

kombinasi nama depan dan nama belakang Anda serta nama ISP Anda, yang

dipisahkan oleh tanda (@) dan tanda titik.

Sebagai contoh, Verdina Visianthy menggunakan sebuah ISP yang bernama

Contoso.co.id. ISP mungkin telah menetapkan alamat email berupa

VVisianthy@contoso.co.id.

c. Dalam kotak Password, ketika kata sandi yang telah diberikan oleh ISP.

d. Pada kotak Retype Password, ketik ulang kata sandi, dan kemudian klik Next untuk

memulai proses konfigurasi akun secara otomatis.

Outlook 2010 akan mencoba mengkonfigurasi secara otomatis pengaturan akun dan

pengaturan server Anda. Jika akun Anda berhasil dikonfigurasi, kotak dialog Add

New E-mail Account menunjukkan bahwa akun berhasil dibuat. Kotak dialog ini juga

mengindikasikan jenis server email yang berhasil dihubungi.

e. Klik Finish, dan lalu klik Close untuk menyelesaikan pengaturan akun.

Catatan Jika konfigurasi otomatis gagal, akun harus dikonfigurasi secara manual.

 Untuk mengkonfigurasi akun email baru secara manual, ikuti langkah berikut di kotak

a. Klik untuk memilih kotak centang Manually configure server settings or additional

dialog Add New E-mail

server types dan kemudian

b. Klik Internet E-mail, dan kemudian klik Next.

c. Di bawah User Information, ikuti langkah berikut:

1. Pada kotak Your Name, ketik nama lengkap Anda.

2. Pada kotak E-mail Address, ketik alamat email lengkap Anda.

ISP Anda menyediakan informasi ini. Alamat email Anda biasanya mengambil

bentuk kombinasi nama depan dan nama belakang Anda serta nama ISP

Anda, dipisahkan oleh tanda (@) dan tanda titik.

Sebagai contoh, Verdina Visianthy menggunakan ISP yang bernama

Contoso.co.id. ISP mungkin menetapkan alamat email

VVisianthy@contoso.co.id.

d. Dalam kotak Account Type di bawah Server Information, klik untuk memilih

jenis akun email yang Anda miliki.

 Jika Anda mengklik kotak POP3 atau IMAP di dalam kotak Account Type,

ikuti langkah berikut:

 Jika Anda mengklik kotak HTTP in the Account Type, ikuti langkah berikut:

1. Dalam kotak Incoming mail server, ketik nama server. Ini adalah

server yang menyimpan pesan email Anda sebelum Anda

mengunduhnya ke komputer. Ketik nama server dalam huruf kecil.

Nama ini mungkin dalam bentuk "mail.contoso.co.id." Atau, da;a,

bentuk sebuah alaamt IP seperti

2. Dalam kotak Outgoing mail server (SMTP), ketik nama server untuk

email ke luar. Ketik nama server dalam huruf kecil. Nama ini mungkin

dalam bentuk seperti "mail.contoso.co.id." Atau, nama ini mungkin

berupa sebuah alamat IP 167.205.22.123.

1. Pada kotak HTTP Service Provider, klik penyedia layanan yang sesuai

untuk akun ini. Sebagai contoh, klik salah satu langkah berikut:

 Hotmail

 MSN

 Other

2. Jika Anda mengklik Other pada kotak HTTP Service Provider, ketik

URL ke kotak surat di kotak Server URL.

b. Di bawah Logon Information, ikuti langkah berikut:

1. Pada kotak User Name, ketik nama pengguna Anda. Nama pengguna

biasanya merupakan bagian dari alamat email yang di sebelah kiri dari tanda

(@).

2. Pada kotak Password, ketik kata sandi yang diberikan oleh ISP Anda.

3. Jika Anda ingin Outlook mengingat kata sandi akun email, klik untuk memilih

kotak centangRemember password.

b. Jika ISP Anda memerlukannya, klik untuk memilih kotak centang Require

logon using Secure Password Authentication (SPA) untuk log masuk

menggunakan otentikasi sandi aman.

c. Klik Test Account Settings. Fitur ini akan memanggil kotak dialog yang

menampilkan setiap tahap dari konfigurasi yang telah Anda masukkan langkah demi

langkah. Ketika Anda mengklik Test Account Settings, proses berikut ini akan

terjadi:

 Sambungan sistem ke Internet dikonfirmasi.

 Anda log masuk ke server SMTP.

 Anda log masuk ke server POP3.

 Ditentukan apakah harus log masuk terlebih dahulu ke server POP3. Jika

diperlukan, Outlook otomatis mengatur opsi Log on to incoming mail server

before sending mail.

 Sebuah pesan pengujian akan dikirim. Pesan ini menjelaskan setiap

perubahan yang dibuat oleh Outlook sejak pengaturan awal.

b. Untuk membuat perubahan tambahan akun email Anda, klik More

Settings untuk membuka kotak dialogInternet E-mail Settings.

c. Klik Next, dan kemudian klik Finish.

No comments:

Post a Comment