Saturday, March 7, 2015
Cara Mengsambungkan E-mail ke Microsoft Office Outlook 2010
1. Jalankan Outlook.
2. Pada menu File, klik Info, dan kemudian klik Account Settings.
3. Pilih Account Settings dari daftar jatuh-ke-bawah.
4. Pada tab Email, klik New, pilih Email Account, dan kemudian klik Next.
5. Klik untuk memilih kotak centang Manually configure server settings or additional server
types, dan kemudian klikNext.
6. Klik Internet E-Mail, dan lalu klik Next.
7. Pada kotak dialog Add New E-mail Account, klik Microsoft Exchange, POP3, IMAP, or HTTP,
dan kemudian klik Next.
8. Konfigurasi akun email baru. Anda dapat mengkonfigurasi akun email baru secara otomatis atau
manual.
Untuk mengkonfigurasi akun email baru secara otomatis, pada kotak dialog Add New E-
mail Account di bawahAuto Account Setup, ikuti langkah berikut:
a. Pada kotak Your Name, ketik nama lengkap Anda.
b. Pada kotak E-mail Address, ketik alamat email Anda.
ISP Anda menyediakan informasi ini. Alamat email Anda biasanya mengambil bentuk
kombinasi nama depan dan nama belakang Anda serta nama ISP Anda, yang
dipisahkan oleh tanda (@) dan tanda titik.
Sebagai contoh, Verdina Visianthy menggunakan sebuah ISP yang bernama
Contoso.co.id. ISP mungkin telah menetapkan alamat email berupa
VVisianthy@contoso.co.id.
c. Dalam kotak Password, ketika kata sandi yang telah diberikan oleh ISP.
d. Pada kotak Retype Password, ketik ulang kata sandi, dan kemudian klik Next untuk
memulai proses konfigurasi akun secara otomatis.
Outlook 2010 akan mencoba mengkonfigurasi secara otomatis pengaturan akun dan
pengaturan server Anda. Jika akun Anda berhasil dikonfigurasi, kotak dialog Add
New E-mail Account menunjukkan bahwa akun berhasil dibuat. Kotak dialog ini juga
mengindikasikan jenis server email yang berhasil dihubungi.
e. Klik Finish, dan lalu klik Close untuk menyelesaikan pengaturan akun.
Catatan Jika konfigurasi otomatis gagal, akun harus dikonfigurasi secara manual.
Untuk mengkonfigurasi akun email baru secara manual, ikuti langkah berikut di kotak
a. Klik untuk memilih kotak centang Manually configure server settings or additional
dialog Add New E-mail
server types dan kemudian
b. Klik Internet E-mail, dan kemudian klik Next.
c. Di bawah User Information, ikuti langkah berikut:
1. Pada kotak Your Name, ketik nama lengkap Anda.
2. Pada kotak E-mail Address, ketik alamat email lengkap Anda.
ISP Anda menyediakan informasi ini. Alamat email Anda biasanya mengambil
bentuk kombinasi nama depan dan nama belakang Anda serta nama ISP
Anda, dipisahkan oleh tanda (@) dan tanda titik.
Sebagai contoh, Verdina Visianthy menggunakan ISP yang bernama
Contoso.co.id. ISP mungkin menetapkan alamat email
VVisianthy@contoso.co.id.
d. Dalam kotak Account Type di bawah Server Information, klik untuk memilih
jenis akun email yang Anda miliki.
Jika Anda mengklik kotak POP3 atau IMAP di dalam kotak Account Type,
ikuti langkah berikut:
Jika Anda mengklik kotak HTTP in the Account Type, ikuti langkah berikut:
1. Dalam kotak Incoming mail server, ketik nama server. Ini adalah
server yang menyimpan pesan email Anda sebelum Anda
mengunduhnya ke komputer. Ketik nama server dalam huruf kecil.
Nama ini mungkin dalam bentuk "mail.contoso.co.id." Atau, da;a,
bentuk sebuah alaamt IP seperti
2. Dalam kotak Outgoing mail server (SMTP), ketik nama server untuk
email ke luar. Ketik nama server dalam huruf kecil. Nama ini mungkin
dalam bentuk seperti "mail.contoso.co.id." Atau, nama ini mungkin
berupa sebuah alamat IP 167.205.22.123.
1. Pada kotak HTTP Service Provider, klik penyedia layanan yang sesuai
untuk akun ini. Sebagai contoh, klik salah satu langkah berikut:
Hotmail
MSN
Other
2. Jika Anda mengklik Other pada kotak HTTP Service Provider, ketik
URL ke kotak surat di kotak Server URL.
b. Di bawah Logon Information, ikuti langkah berikut:
1. Pada kotak User Name, ketik nama pengguna Anda. Nama pengguna
biasanya merupakan bagian dari alamat email yang di sebelah kiri dari tanda
(@).
2. Pada kotak Password, ketik kata sandi yang diberikan oleh ISP Anda.
3. Jika Anda ingin Outlook mengingat kata sandi akun email, klik untuk memilih
kotak centangRemember password.
b. Jika ISP Anda memerlukannya, klik untuk memilih kotak centang Require
logon using Secure Password Authentication (SPA) untuk log masuk
menggunakan otentikasi sandi aman.
c. Klik Test Account Settings. Fitur ini akan memanggil kotak dialog yang
menampilkan setiap tahap dari konfigurasi yang telah Anda masukkan langkah demi
langkah. Ketika Anda mengklik Test Account Settings, proses berikut ini akan
terjadi:
Sambungan sistem ke Internet dikonfirmasi.
Anda log masuk ke server SMTP.
Anda log masuk ke server POP3.
Ditentukan apakah harus log masuk terlebih dahulu ke server POP3. Jika
diperlukan, Outlook otomatis mengatur opsi Log on to incoming mail server
before sending mail.
Sebuah pesan pengujian akan dikirim. Pesan ini menjelaskan setiap
perubahan yang dibuat oleh Outlook sejak pengaturan awal.
b. Untuk membuat perubahan tambahan akun email Anda, klik More
Settings untuk membuka kotak dialogInternet E-mail Settings.
c. Klik Next, dan kemudian klik Finish.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment